Jumat, 26 Juni 2009

3. Seni Rupa



Seni rupa wayang merupakan hasil rekayasa batin, pikir, mata dan ketrampilan tangan para penatah (ahli tatah sungging) yang diungkapkan dan mampu menciptakan bentuk tokoh wayang. Berawal dari kreasi para wali, wayang mengalami proses perubahan bentuk dari gambar-gambar wayang seperti di candi-candi hingga bentuk wayang sekarang ini. Dilihat dari segi pemilihan bahan kulit (utamanya kulit kerbau), desain, ragam dan corak wajah, anggota tubuh, pakaian, senjata serta atribut wayang lainnya serta melalui berbagai penyempurnaan untuk mempertinggi nilai seni kriya wayang. Teknik pewarnaan (sunggingan) sangat mendukung penampilan tokoh maupun ekspresi sifat dan watak yang disandang oleh sosok pelakunya. Salah satu dimensi yang sangat menentukan nilai seni kriya wayang adalah mengandalkan pada bayang-bayang (tembus pandang) sebagai hasil tatah sungging.
Seni rupa wayang sebagai abstrak-dekoratif dan abstrak-simbolis warisan seni rupa tradisional Indonesia yang dapat dibanggakan mutunya, dapat pula berperan sebagai lubuk gagasan yang tidak akan pernah kering bagi perkembangan duni seni rupa. Wayang kulit yang bentuknya telah mengalami evolusi beratus-ratus tahun itu, kini telah memperoleh perwujudannya yang paling canggih, paling kena dalam segala aspeknya dengan ikonografi (uraian tentang suatu gambaran) dan perwatakan yang dibawakannya berikut gaya stilasi serta segi-segi seni rupanya yang lain, sehingga seni tradisional ini menjadi klasik dan mencapai puncak perkembangannya. Wayang klasil betul-betul merupakan karya seni yang sempurna dan adiluhung, karena di situ dapat dijumpai adanya empat jenis tokoh: tokoh ksatria alusan, ksatria gagahan, wanita dan tokoh raksasa.
Dalam seni rupa wayang, terdapat beberapa wanda (mood, karakter atau sifat) yang menunjukkan pengejawantahan bentuk wayang. Wanda-wanda tersebut menggambarkan watak dasar, lahir batin wayang-wayang pada kondisi mental tertentu. Watak dasar tersebut dilukiskan dengan pola pada mata, hidung, mulut, warna wajah, posisi dan perbandingan ukuran, serta suaranya (yang dibawakan oleh sang dalang).



2 komentar:

Anonim mengatakan...

http://lifestyle.okezone.com/index.php/ReadStory/2008/10/10/24/152659/4-titik-sensitif-pria-paling-menggoda

-------------

http://lifestyle.okezone.com/index.php/ReadStory/2008/05/08/24/107485/eksplorasi-titik-rahasia-pria


-------------

http://female.kompas.com/read/xml/2009/08/24/18044769/Temukan.7.Titik.Sensitif.Pria


------------

Anonim mengatakan...

http://www.forumkami.com/forum/cafe-wanita/12440-cara-taklukan-daerah-intim-lelaki.html

Posting Komentar

-

SEPUTAR INDONESIA

SEPUTAR JAWA TIMUR

SEPUTAR PONOROGO

-

KOMENTAR

LINK

LINK 1
LINK 2
LINK 3
LINK 4
LINK 5

Pengunjung

Counters

SHOUTBOX

 
Contoh 1 © 2008 All right reserved │ Design By R - CHAM